About Us

Tips Merencanakan Perjalanan Grup, Perjalanan kelompok bisa menjadi jenis perjalanan terbaik atau terburuk yang pernah ada. Itu bisa menjadi salah satu saat paling menakjubkan dalam hidup kita, di mana kita terikat dengan teman perjalanan kita dan mengenang perjalanan kelompok selama bertahun-tahun yang akan datang. Lainnya, yah… tidak begitu banyak.

Bepergian sebagai kelompok dapat berarti lelucon, cerita hebat, belajar lebih banyak tentang cara bepergian, dan banyak tawa.

Sayangnya, biasanya juga melibatkan perencanaan yang lebih tepat dan banyak organisasi, yang dapat menyebabkan ketegangan, keragu-raguan dan perencanaan yang buruk.

Tips Merencanakan Perjalanan Grup

Kami menyukai perjalanan grup, jadi kami ingin membantu Anda merencanakan perjalanan grup terbaik dan menjadikannya salah satu yang terbaik!

Baik itu perjalanan liburan sekolah, liburan pesta bersama teman, perjalanan hiking kelompok, atau menghadiri festival, ada banyak hal yang perlu dipertimbangkan ketika Anda merencanakan perjalanan kelompok.

Bagaimana Merencanakan Perjalanan Kelompok

1. Memiliki seorang pemimpin (atau dua)

Di dunia yang ideal, Anda dapat mengatur perjalanan kelompok sebagai, yah, sebuah kelompok. Tetapi secara realistis, yang terbaik adalah menunjuk satu atau dua pemimpin kelompok, bahkan hanya untuk menjadi orang yang tahu bagaimana kemajuan perencanaan dan apa yang perlu dilakukan selanjutnya.

Jika memiliki satu orang sebagai pemimpin tampaknya agak berlebihan, Anda juga dapat memiliki orang yang berbeda yang bertanggung jawab atas berbagai aspek perjalanan kelompok. Misalnya, satu orang untuk akomodasi, satu untuk kegiatan penelitian dan hal-hal yang harus dilakukan, dll. Anda masih dapat mendiskusikan dan menyepakati pilihan akhir sebagai kelompok, tetapi itu berarti bahwa pekerjaan tidak semua dilakukan oleh satu orang dan itu semuanya benar-benar terorganisir!

Bermainlah dengan kekuatan anggota kelompok Anda. Jika ada seseorang yang menyukai perencanaan maka biarkan mereka yang memimpin (tetapi dukung mereka jika mereka meminta bantuan tentunya!) dan jika Anda semua ragu-ragu, tunjuk pembuat keputusan atau miliki metode untuk membuat keputusan. Lebih mudah untuk menyortir semua ini dengan benar di awal dan tidak membuang waktu Anda untuk berlibur mencoba mencari cara untuk melakukan sesuatu!

2. Setuju dengan anggaran

Salah satu poin paling penting dari perencanaan perjalanan kelompok seringkali adalah anggaran karena orang dapat memiliki gagasan yang sangat berbeda tentang berapa banyak uang yang ingin mereka belanjakan saat mereka bepergian.

Sebagai sebuah kelompok, Anda harus menyetujui anggaran untuk perjalanan Anda dan kemudian mematuhinya.

Anggaran maksimum untuk kebutuhan perjalanan seperti akomodasi berarti tidak ada kejutan bagi siapa pun dalam hal membayar perjalanan kelompok! Tentu saja, beberapa pengalaman dapat bersifat opsional sehingga anggota grup dapat memutuskan apakah mereka ingin berpartisipasi atau tidak, tetapi pastikan itu juga jelas.

Pikirkan tentang memiliki uang bersama saat Anda bepergian sebagai kelompok, terutama jika Anda tinggal di akomodasi di mana Anda dapat membeli makanan dan minuman sendiri dan memasak bersama. Ini akan lebih mudah daripada terus-menerus mencari cara untuk membagi tagihan di jalan.

3. Pesan penerbangan atau bepergian dulu

Harga penerbangan atau transportasi darat dapat meningkat secara drastis semakin dekat dengan tanggal perjalanan, ditambah ruang dapat terisi tanpa menyisakan ruang untuk kelompok besar.

Saat Anda merencanakan perjalanan grup, pastikan Anda memesan perjalanan lebih awal untuk mendapatkan penawaran terbaik dan pastikan Anda memiliki cukup ruang untuk seluruh grup.

Periksa apakah ada tarif grup yang dapat Anda manfaatkan jika Anda bepergian dengan kereta api atau transportasi darat.

Cari tahu detail seperti bagaimana Anda akan pergi dari bandara ke akomodasi Anda, dan bagaimana Anda akan berkeliling. Apakah layak menyewa kendaraan? Jika demikian, Anda mungkin perlu masuk lebih awal karena minivan dan kendaraan yang lebih besar cenderung cepat habis.

4. Pertimbangkan akomodasi alternatif

Memilih tempat menginap saat Anda merencanakan perjalanan grup adalah keputusan besar dan dapat membuat perbedaan besar pada pengalaman perjalanan Anda.

Ada lebih banyak akomodasi daripada hotel, dan faktanya, mereka belum tentu merupakan pilihan terbaik untuk grup. Kecuali jika Anda menginginkan pengalaman resor yang lengkap.

Menginap di apartemen atau rumah secara berkelompok memberi Anda kesempatan untuk memasak makanan kelompok dan berkumpul bersama tanpa harus berdesakan di satu kamar hotel kecil! Anda juga dapat tinggal di beberapa rumah yang menakjubkan, dan dengan harga yang lebih terjangkau daripada hotel.

5. Memiliki tempat untuk mengatur rencana dan menerima pembayaran

Memiliki tempat sentral di mana semua anggota perjalanan grup dapat mengakses rencana perjalanan grup adalah kunci untuk memberi tahu semua orang. Perencana perjalanan grup akan membantu menjaga semua orang pada halaman yang sama dengan apa yang terjadi kapan dan apa yang perlu mereka lakukan.

Lebih baik lagi, gunakan sistem pembayaran untuk menerima pembayaran dan membayar siapa yang Anda perlukan, dan hentikan semua kesulitan dalam mencari tahu siapa berutang siapa apa. Dengan WeTravel Anda dapat membuat perjalanan Anda secara gratis, membagikannya dengan anggota grup lainnya. Dan mengatur pembayaran untuk grup di satu tempat terpusat, hanya dengan beberapa langkah mudah.

Dorong semua orang untuk mengikuti rencana perjalanan dan rencana perjalanan kelompok. Komunikasi adalah kunci untuk perencanaan perjalanan kelompok yang hebat.

6. Pra-rencanakan beberapa kegiatan

Lihatlah hal-hal teratas yang dapat dilakukan di tujuan pilihan Anda dan pertimbangkan untuk merencanakan beberapa kegiatan sebelumnya, terutama jika Anda adalah kelompok besar.

Jika ada tur yang ingin Anda lakukan, Anda mungkin bisa mendapatkan diskon grup. Kadang-kadang Anda benar-benar harus memesan terlebih dahulu jika Anda memiliki lebih dari jumlah orang tertentu. Dan akan sangat disayangkan jika Anda melewatkan sesuatu yang benar-benar ingin dilakukan oleh grup karena tidak segera dipesan!

Jangan terlalu ambisius dan terlalu bersemangat dengan perencanaan setiap detik atau hari. Terkadang hal terbaik terjadi secara kebetulan dan Anda tidak perlu menambah stres pada liburan Anda!

7. Split Up

Hanya karena Anda bepergian sebagai grup, bukan berarti Anda harus selalu terikat bersama. Setiap orang akan memiliki ide yang berbeda tentang hal-hal yang harus dilihat atau kegiatan yang harus dilakukan.

Jika Anda tidak dapat mencapai konsensus, maka bagilah menurut apa pun yang ingin dilakukan semua orang. Satu kelompok mungkin ingin menghabiskan hari di pantai sementara yang lain pergi ke museum.

Dan jangan takut untuk pergi sendiri selama perjalanan kelompok. Jika ada sesuatu yang benar-benar ingin Anda lakukan dan tidak ada orang lain yang melakukannya. Ini liburanmu juga jadi pulanglah tanpa penyesalan!