Curug di Banjarnegara yang Tersembunyi

Curug di Banjarnegara yang Tersembunyi

Banjarnegara sebuah kabupaten di Jawa tengah yang ada di wilayah pegunungan yang asri dengan berbagai curug yang tersembunyi.

Alamnya simpan sejuta keelokan yang menarik untuk dijelajahi. Salah satunya keelokan alam yang jangan dilewati waktu ke Banjarnegara ialah air terjunnya atau yang umum disebutkan curug.

Curug di Banjarnegara yang Tersembunyi

Bermacam jenis curug berada di Banjarnegara dan beberapa belum juga banyak didatangi. Beberapa curug di Banjarnegara bahkan tersembunyi hingga memerlukan perjuangan untuk sampai ke situ.

Tetapi, perjuangan itu akan terbayarkan saat sampai di curug yang mempunyai daya tarik seperti surga terselinap. Berikut sejumlah curug di Banjarnegara yang tersembunyi dapat menjadi tujuan rekreasi kamu selanjutnya.

  1. Curug Panaraban yang berada di di Dusun Sarwodadi, Kecamatan Pejawaran, Banjarnegara

Memiliki jarak lebih kurang dua kilo mtr. dari desa Tlodas, curug ini dapat kita temui dengan akses jalan yang telah cukup gampang di karenakan sepeda motor dapat sampai sampai hulu pinggir sungai saluran curug.

Walau banyak akses jalan yang paling agak miring dan terjal, memaksakan kita untuk benar-benar berhati hati melaluinya.

Jalan dari Desa Tlodas ke arah posisi Curug masih sepi, dan cuman ada masyarakat dusun yang lagi bercocok tanam di sejauh jalan ke arah Curug Panaraban. Situasi sepi, hening dan cuman ada suara burung liar yang temani perjalanan.

Sesampai di Curug Panaraban, kita akan di menyambut dengan Keelokan air terjun yang alami. Tidak ada Gasebo, Selfie deck, dan Penjual makanan seperti umumnya Tempat rekreasi yang berada di Banjarnegara. Dan untuk kalian yang pengin nikmati Curug yang asri. Curug Panaraban benar-benar recommended sekali buat kalian.

Kemungkinan ada yang pernah ke Curug Giritirta? letak Curug Panaraban sendiri cuman memiliki jarak kurang Lebih 3 Km dari Curug Giritirta, tapi telah berlainan Dusun. Jika Curug Panaraban di Dusun Sarwodadi dan Curug Giritirta di Dusun Giritirta.

Perlu di ingat, Kecuali Curug Panaraban, ada pula Curug yang lain Terletak Cuman memiliki jarak lebih kurang 200 mtr. dari Curug Panaraban. Curug 3 (Curug Pijakk Telu) namanya, dan kita akan ulas mengenai Curug Pijakk Telu pada artikel selanjutnya.

  1. Eksotis, Curug Darurat sedikit disentuh oleh pelancong. Berada tidak jauh dari kawasam Dieng

Nama curug ini diambil dari bahasa di tempat, ‘genting’ yang bermakna gua. Seperti namanya, di posisi ini ada gua alam dengan kedalaman kurang lebih 17 mtr. yang mengucur air bersih di antara batu-batuan yang berantakan.

Berkunjung ke Curug Darurat Tangkai, mata Anda akan dimanja oleh bentangan rimba pinus yang asri yang sejuk. Rimba pinus ini mempunyai gardu pandang dan beberapa spot menarik berdasar bukit-bukit Tangkai bisa Anda gunakan untuk latar swafoto.

Curug Darurat Tangkai ini persisnya berada di Dusun Bawang, Kecamatan Blado, Kabupaten Tangkai, Provinsi Jawa tengah. Memiliki jarak ± 38 km menuju selatan dari Kota Tangkai.

Akses ke arah Curug Darurat sendiri termasuk lumayan jauh dari pusat pemerintah Kabupaten Tangkai. Anda harus tempuh seputar lebih kurang 30 km melalui lajur khusus Batang-Bandar-Blado. Sampai di Dusun Bawang, perjalanan juga masih menyisakkan seputar beberapa km untuk ke arah posisi parkirkan.

Curug Darurat Tangkai ini mempunyai ketinggian ±40 mtr. dan dikitari rimba Pinus. Wana rekreasi ini ada di petak 49° Rimba Lindung Tertutup (HLT) RPH KembangLangit, BKPH Bandar, mempunyai luas seputar 7 hektar dan diatur melalui kerja sama di antara Perum Perhutani KPH Pekalongan Timur dan Pemkab Tangkai.

Untuk masuk di rekreasi Curug Darurat, pengunjung dikenai ongkos Rp 5 ribu per orang. Sedang untuk parkirkan, pengurus rekreasi, yaitu Pokdarwis Agung Lestari menetapkan biaya Rp 2 ribu untuk motor, dan Rp 5 ribu untuk mobil.

  1. Walau tidak sederas Curug Darurat, Curug Pletuk mempunyai keelokan tertentu yang memikat untuk didatangi

Awalannya curug Pletuk hanya satu curug ditengahnya rimba. Tetapi seiiring waktu curug ini mulai di urus oleh masyarakat dan dibuat dengan ide yang betul-betul rapi.

Ide yang diambil ialah kombinasi keelokan alam curug tersebut dengan taman-taman bikinan yang asri. Di mana ada kolam renang, bungalow-bungalow kecil yang unik dan kafe.

Untuk ke arah posisi curug Pletuk kamu memerlukan waktu seputar 45 menit dari pusat perkotaan Banjarnegara. Dari Alun-alun ke arah barat, sampai di perempatan pasar wage ambilah lajur selatan.

Lagi berjalan sampai datang dipertigaan watubelah belok kiri. Disini turuti jalan dan panduan arah sebab bisa banyak persimpangan yang ditemui. Yang kemungkinan memusingkan.

Supaya tidak salah jalan, seharusnya pakai google map atau sering-sering menanyakan pada warga yang ditemui di sejauh perjalanan. Waktu bawa kendaraan kamu harus waspada sebab banyak kelokan dan tanjakan yang paling tajam.

Di muka taman terlihat gagah curug pletuk dengan airnya yang mengucur cepat di atas bukit. Deru airnyapun kedengar merusak kesunyian rimba. Kurang lebih tinggi air terjun ini capai 120 m.

Di bawah air terjun pengunjung dapat nikmati deburan kuat airnya bak gerimis deras yang menimpa. Pengunjung bisa juga merendam sekalian bersenda canda dan bermain air di bawah air terjun. Di sini aman sebab tidak ada kedung, airnya juga benar-benar jernih.

Dari awalnya masuk saja mata kamu telah dimanja dengan bentangan panorama cantik, apa lagi jika kamu telah ada didalamnya, tidak henti-henti kamu akan mendokumentasikan keelokan ini lewat bidikan-jepretan camera.

Kamu dapat cari angel terhebat dari seluruh penjuru. Untuk yang menyukai alam, kamu tinggal pilih air terjun selaku latar belakangnya, sedang yang menyukai taman, kamu juga dapat cari angel yang menurut kamu unik dan cantik.

  1. Tidak jauh dari pusat perkotaan, curug bertingkat yang ada di Kecamatan Sigaluh ini namanya Curug Pitu

Diberi nama Curug Pitu sebab Curug (air terjun) ada tujuh tingkat di mana curug paling bawah (curug pitu) berketinggian 30 M dibawahnya ada kolam berdinding batu alam yang umum dipakai untuk mandi dan sebatas bermain oleh beberapa pelancong, sebab di yakin air percikan curug pitu kecuali memberi situasi fresh dan nyaman membuat tahan lama muda.

Pelancong makin lebih terpenuhi bertandang ke Curug Pitu, jika sudah naiki anak tangga ke arah Curug enam, lima dan sebagainya sampai Curug 1 (satu / Mbarep). Sejauh naiki anak tangga pelancong disajikan pemandangan mengagumkan membuat pelancong pengin lama-lama nikmati ukir-pahatan alam Maha Kreasi Si Pembuat.

Teritori Rekreasi Curug Pitu adalah salah satunya sentral durian Banjarnegara yang tidak kalah enaknya dibandingkan wilayah lain, karena itu tiap panen raya diselenggarakan Acara pesta Durian.

  1. Curug Sirawe yang tidak jauh dari teritori rekreasi Dieng kabarnya jadi tempat berkunjung beberapa Dewa

Daratan Dieng, daratan paling tinggi di Pulau Jawa ini tawarkan keelokan bak surga. Salah satunya surga yang terselinap di sini yaitu Air Terjun Sirawe. Air terjun yang belum dibudidayakan optimal selaku tempat rekreasi di Dieng ini sangat pas selaku sarana adventure. Di sini Anda akan menegur alam liar langsung.

Dengan tinggi air terjun yang capai 80 mtr., karena itu tidak heran jika Anda yang baru pertamanya kali ke sana langsung kagum menyaksikan keelokan Object Rekreasi Air Terjun Curug Sirawe ini. Air yang jatuh dari curug ini menerpa batu-batuan dan membuat kolam kecil di bawahnya. Ketika Anda datang di posisi Air Terjun Curug Sirawe, Anda segera dapat rasakan kesan sejuk dan nyaman ketika ada pada tempat semacam itu.

Air terjunnya nampak benar-benar unik. Sedang beberapa pohon liar bisa tumbuh subur disekitar tempat itu sebab bisa dengan gampang terima cipratan air terjun. Menyaksikan keelokan dan kesejukan air terjun ini, biasanya pengunjung tergoda untuk bermain sama air dan menceburkan diri di dalam kolam dan tentunya untuk berfoto dengan latar belakang Air Terjun Sirawe.

Anda harus siaga waktu bermain sama air karena ada beberapa batu-batuan dengan bermacam ukuran. Terkadang bebatuan itu licin dan berlumut sampai jika anda tidak berhati-hati dalam tentukan injakan kaki, kemungkinan anda tergelincir. Salah satunya kekhasan yang dapat Anda alami dari Air Terjun Curug Sirawe ini ialah kombinasi air dingin dan air panas hingga beberapa pengunjung yang kerasan lama-lama membersihkan kaki sekalian rasakan hangatnya air.

Untuk berbagai informasi wisata bisa langsung mengkunjungi halaman situs https://go-traveling.net